Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

SMKN 1 Cikande menggelar Upacara Pelantikan Calon Taruna Angkatan Ke-II

Rabu, 01 November 2023 | 18.11.00 WIB Last Updated 2023-11-01T11:11:40Z

SERANG - SMKN 1 Cikande menggelar Upacara Pelantikan Calon Taruna Angkatan Ke-II SMKN 1 Cikande, bertempat di lapangan Kampus SMKN 1 Cikande Jl Lanud Gorda /Jl Raya Serang Km 23 Desa Julang Kecamatan Cikande Kabupaten Serang Provinsi Banten, Rabu 1 November 2023.

Sebelum upacara pelantikan Taruna dilaksanakan , ditampilkan Persembahan Yel Yel Taruna oleh Calon Taruna -Taruni Angkatan Ke-II SMKN 1 Cikande.

Bertindak sebagai Pembina Upacara, Kepala Sekolah SMKN 1 Cikande Jaenudin dan Pimpinan Upacara, Azhar Muslimin Kelas XI Mesin 1. 

Upacara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan pembacaan laporan dari Ketua Pelaksana kegiatan Ketarunaan Dede Rosdiana.

Dalam laporannya Dede Rosdiana menyampaikan tujuan dilakukannya latihan dasar Ketarunaan untuk membentuk karakter siswa siswi yang disiplin jujur dan bertanggung jawab.

Dikatakan peserta calon Taruna kelas X sebanyak 394 siswa , calon Taruna kelas XI sebanyak 2 siswa , calon Taruna angkatan Ke-II yang dilantik sebanyak 396 siswa.

"Materi pelatihan dasar Ketarunaan disusun bersama antara panitia SMKN 1 Cikande dengan Detasemen Arhanud 003 Rudal Cikupa, sebagai program sekolah seluruhnya telah dilaksanakan," terang Kepala Bidang Kesiswaan SMKN 1 Cikande.

Dede Rosdiana menyampaikan ucapan terimakasih kepada, KepalaDinas Pendidikan Provinsi Banten, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Banten wilayah Seragon, ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Komandan Detasemen Arhanud 003 Rudal Cikupa Tangerang yang diwakili Kapten Arh Nurman Hidayat selaku Kepala Pelatih Dasar Ketarunaan.

Sementara Kepala Sekolah SMKN 1 Cikande Jaenudin dalam amanatnya menyampaikan, kegiatan pelatihan dasar Ketarunaan sudah terlaksana dengan baik.

" Seperti yang disampaikan Ketua Panitia pelatihan dasar Ketarunaan , bahwa ini dilakukan semata-mata untuk membentuk karakter siswa - siswi kita, agar siswa siswi kita memiliki karakter yang baik, postur tubuh yang baik dan memiliki jiwa korsa , karena kedepan persaingan akan lebih berat, maka dari itu kita bangun SDM yang handal," urai Kepala Sekolah.

Pelantikan Taruna SMKN 1 Cikande ditandai dengan Penyerahan Bendera Taruna Dari Anggota Detasemen Arhanud 003 Rudal Cikupa kepada 3 Poltar Angkatan Ke-I, Arlanda Putra Prandhika, Rustam , I Putu Awan Putra Gangga, dilanjutkan dengan mencium Sang Saka Merah Putih, pleh pasukan inti Taruna , dilanjutkan penyiraman bunga oleh Kepala Sekolah kepada pasukan inti Taruna Taruni SMKN 1 Cikande. Pada moment tersebut Calon Taruna Taruni resmi menjadi Taruna Taruni Angkatan Ke-II SMKN 1 Cikande, 

Bagian penting dari upacara Pelantikan Taruna SMKN 1 Cikande selain pelantikan adalah pembacaan Janji Taruna. Berikut isi Janji Taruna, 

JANJI TARUNA SMKN 1 CIKANDE

Kami Taruna SMKN 1 Cikande/dengan Tulus Ikhlas Berjanji:

1. Bertaqwa Kepada Than Yang Maha Esa Dengan Mengamalkan Nilai-nilai Ketuhanan(dan Nilai-nilai Kemanusiaan dalam Kehidupan Sehari-hari

2. Jujur dalam Hati, Pikiran dan Perbuatan

3. Disiplin, Bertanggung Jawab dan Tekun, Serta Tidak Menyerah dalam Belajar dan Bekerja

4. Selalu Meningkatkan Kompetensi, Untuk Mencapai Standar Terkini

5. Menghormati dan Berbakti/Kepada Orang Tua Serta Guru

6. Menghormati Sesama/dan Ramah Terhadap Lingkungan

7. Tat Hukum dan Setia Terhadap Korp Serta Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia

8. Menjunjung Tinggi Harkat Martabat/ dan Jati Diri Pribadi, Keluarga dan Sekolah.

Usai Pembacaan Janji Taruna , dilanjutkan dengan penampilan Demonstrasi Peraturan Baris Berbaris (PBB) oleh Taruna SMKN 1 Cikande, dilanjutkan penampilan Pencak Silat. 

Penampilan yang berhasil memukau penonton adalah Parade Koloni Senjata oleh 22 siswa Taruna terbaik Angkatan Ke-II SMKN 1 Cikande, dan ditutup dengan penampilan Qasidah dari Ibu - Ibu Dewan Guru.

Untuk diketahui, hadir pada acara Pelantikan Taruna Angkatan Ke-II SMKN 1 Cikande, 

Kepala Sekolah SMKN 1 Cikande Jaenudin, Ketua Panitia LatDasTar Ketarunaan Dede Rosdiana, Kepala Cab.(//Red)