Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tanggapi Banjir Demak, Jokowi Target Perbaikan Tanggul Jebol Rampung Besok

Jumat, 22 Maret 2024 | 02.29.00 WIB Last Updated 2024-03-21T19:29:57Z
Foto: Jalan raya Demak-Kudus kembali terendam banjir pasca jebolnya tanggul Sungai Wulan di wilayah Tanggulangin (dok BNPB)

Jakarta, bbiterkini.com -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pemerintah pusat dan daerah tengah mempercepat perbaikan sejumlah tanggul sungai yang jebol. Rusaknya tanggul itu menjadi salah satu faktor banjir di Demak dan Kudus.

Jokowi sudah memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono untuk mengatasi masalah tersebut.

"Kita harapkan dalam malam ini atau besok sudah bisa menutup [tanggul jebol]. Memang airnya melimpah sangat besar sekali," kata Jokowi usai menyaksikan pertandingan Indonesia VS Vietnam di GBK, Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Jokowi mengatakan BNPB juga sudah terjun sedari awal untuk memberikan bantuan kepada warga terdampak. BNPB juga bertugas untuk mendirikan tempat pengungsian dan berkoordinasi dengan Pemda setempat untuk membentuk posko darurat termasuk dapur umum.

"Saya rasa BNPB sudah masuk ke sana," kata dia.

Saat ditanya apakah dirinya akan melakukan kunjungan kerja atau meninjau lokasi banjir di Demak hingga Kudus, Jokowi hanya diam dan mengangguk berkali-kali.

Banjir melanda sejumlah kabupaten/kota di Jawa Tengah selama dua kali dalam dua bulan terakhir. Di antaranya Semarang, Kudus, hingga Demak.

Banjir di jalur pantura itu menyebabkan puluhan ribu warga terpaksa mengungsi, bahkan tujuh orang meninggal dunia dalam insiden banjir di Kudus.

Sumber CNN