Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pemerintah Tanggamus Berkomitmen Bekerjasama Dengan BPMP Provinsi Lampung Dalam Capaian Standar Pelayanan Minimal Pendidikan

Selasa, 07 Mei 2024 | 17.21.00 WIB Last Updated 2024-05-07T10:22:25Z

Tanggamus, bbiterkini.com -- Bertempat di ruang rapat Bupati Tanggamus,(Senin 6 Mei 2024). Pj Bupati Tanggamus Ir.Mulyadi Irsan, M.T menerima kehadiran tamu dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Lampung. Hadir dalam kesempatan tersebut dari BPMP Provinsi Lampung yakni : Dr.Khairullah S.Pd.M.Pd (Kepala BPMP Provinsi Lampung), YENI ERNANI, S.Kom (Konsultan BPMP Provinsi Lampung), Syahrul Fatriansyah, S.Sos., M.Pd (Ketua Tim Kerja 04 bidang Data dan Penjaminan Mutu), Muhammad Akrom, S. Sos., M.Pd (Ketua Tim Kerja 03 bidang Kemitraan dan Advokasi) dan anggota,PIC PDM 05 PPDB - Dr. Elvy Risdalina, S.E.,M.M, PIC PDM 05 GPKSPS - Kurniawan, S.I.Kom., M.I.P,PIC PDM 05 PPKSP – Kismanu., M.Pd, Novita Andrianti, S.Kom., M.T (Penanggung Jawab Tim Wali Daerah Kabupaten Tanggamus) dan anggota, Edward Iskandar, A.Md, Zaleha, S.Pd, Wahyu Wijayanto, S.H.I., M.Pd ( Publikasi ).

Hadir juga Asisiten 1 Bidang Pemerintahan Kabupaten Tanggamus,Dinas Pendidikan yang dihadiri oleh Sekretaris Dinas pendidikan Kabupaten Tanggamus beserta Kabid Dikdas dinas pendidikan Tanggamus, , Kepala dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah,Plt.Kepala Bapperida, Kepala BPKAD, Kepala BKSDM yang diwakili Sekeretaris, Kabag Kerjasama Pemda Tanggamus.

Dalam kesempatan tersebut pertemuan dipandu oleh Ir. Suadi selaku Asisten 1 Bidang Pemerintahan Kabupaten Tanggamus. Selanjutnya ucapan selamat datang di Tanggamus dari Pj Bupati Tanggamus kepada tamu dari BPMP Provinsi Lampung. Pj Bupati mengatakan bahwa Tanggamus sedang menyiapkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) untuk 20 tahun ke depan dan modal dasar pembangunan adalah teknologi inovasi, sumber daya manusia. Konsep Pendidikan haruslah mengarah kepada kualitas SDM dan mengarah kepada Program for International Student Asesment (PISA). “Kita ingin memiliki unggulan sekolah melalui konsep merdeka belajar, bukan sekolah unggulan tapi unggulan sekolah.”ungkap Pj. Bupati Tanggamus.

Sementra itu dalam penyampaiannya Kepala BPMP Provinsi Lampung Dr.Khairullah,M,Pd mengatakan bahwa maksud dan tujuan Tim BPMP Provinsi Lampung disamping memperkenalkan tim perwalian daerah yang fungsinya akan menampung persoalan terkait dengan Pendidikan yang ada Kabupaten Tangggamus ,juga menyampaikan beberapa program prioritas Kemendikbudristek diantaranya Program Guru Penggerak menjadi Kepala Sekolah atau Pengawas Sekolah,PPDB,pembentukan TPPKS dan Perencanaan Berbasis Data. “ Ini merupakan kunjungan pertama kali bertemu dengan Bupati di Provinsi Lampung, dimana Tanggamus mengawalinya, atas fasilitasi konsultan ibu Yeni Ernani atas pertemuan kali ini “ ungkap Kepala BPMP Provinsi Lampung.

Setelah penyampain dari Bupati Tanggamus dan Kepala BPMP Provinsi Lampung, acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh Tim BPMP provinsi Lampung tentang potret raport Pendidikan daerah Kabupaten Tanggamus terkait dengan 4 perioritas program Kemendikbudristek yakni Program Guru Penggerak menjadi Kepala Sekolah atau Pengawas Sekolah,PPDB,pembentukan TPPKS dan Perencanaan Berbasis Data.

Diakhir acara Asisten 1 Bidang Pemerintahan Kabupaten Tanggamus mengatakan bahwa hal yang paling penting adalah bagaimana daerah dapat mengimplementasikan apa yang menjadi program perioritas Kemendikbudristek, akan ada motor penggerak yakni dinas teknisnya Dinas Pendidikan yang mesti berkolaborasi juga dengan dinas lainnya. Menanggapi hal ini Sekretaris Dinas Pendidikan menyampaikan bahwa dinas Pendidikan akan menindaklanjuti terhadap 2 hal. “ kami akan mengadakan rapat dengan jajaran Kepala Sekolah dan Pengawas untuk mengangkat raport Pendidikan, yang kedua akan melakukan penyesuaian data dapodik guru melalui operator satuan pendidikan “ tutup sekretaris Dinas Pendidikan. 


(Bana)