Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Poros jitu pilkada Tanggamus dalam koalisi tiga partai

Minggu, 02 Juni 2024 | 11.32.00 WIB Last Updated 2024-06-02T04:33:06Z

Tanggamus, bbiterkini.com -- Dinamika politik di Kabupaten Tanggamus, menjelang pilkada pada 27 November 2024 semakin menunjukan titik klimaksnya. 

Dominasi dan hegemoni Partai Politik dengan perolehan kursi DPRD yang signifikan dalam mengusung bakal calon bupati dan wakil bupati pada pilkada mendatang, seolah-olah tak menyisakan sedikit ruang bagi parpol dengan perolehan kursi yang lebih sedikit. 

Akan tetapi realitas ini tak menyurutkan asa dari tiga parpol yang perolehan kursinya tak signifikan dalam mengusung calonnya secara mandiri, yakni Nasdem, PKS dan PPP. 

Sejarah terkadang direnda pada tempat dan waktu yang tak terduga, bertepatan dengan hari lahirnya pancasila, pada 1 Juni 2024, tiga tokoh partai Politik Tanggamus, kurnain,S.ip [Nasdem], Heni Susilo [PKS] dan Farid, S.E,.[PPP] menggelar pertemuan di sebuah kedai kopi yang berada si kecamatan Gisting. 

Saat dikonfirmasi awak media, Heni Susilo, ketua DPD Partai keadilan sejahtera menjelaskan, pertemuan ketiga partai politik itu dilakukan dalam rangka membahas rumusan koalisi guna mengusung calon Bupati dan wakil bupati tanggamus. 

"Mengingat perolehan kursi legislatif dari ketiga partai politik ini tidak cukup signifikan dalam mengusung calon secara mandiri, dimana Nasdem hanya memiliki 4 kursi, PPP 3 kursi, sedangkan PKS sendiri hanya memperoleh 2 kursi, maka perlu dilakukan penjajakan awal untuk berkoalisi dalam rangka mengusung calon Bupati Tanggamus yang lebih baik," terang Heni Susilo. 

meski demikian, ketua DPDPKS Tanggamus ini juga menegaskan, bahwa untuk sementara dalam pertemuan itu belum menujukan siapa tokoh yang akan di usung ketiga partai politik tersebut. 

Dari tempat yang sama, politisi partai persatuan pembangunan (PPP) Farid, S.E,. mengukapakan harapannya. 

"Saya sangat berharap dengan adanya pertemuan ketiga Partai politik ini dapat menjalin koalisi untuk memunculkan Calon Bupati atau figur sesuai harapan masyarakat Tanggamus," Ungkapnya. 

Kemudian tokoh politik dari partai Nasdem Kurnain, S.Ip., mengatakan, Misi Nasdem sendiri adalah gerakan perubahan, dan ia berharap akan ada perubahan di Tanggamus.

Terkait adanya pertemuan ketiga partai politik, bagi kurnain hal tersebut masih sebatas Muqaddimah artinya masih sebatas diskusi. 

Kurnain berharap agar koalisi segera terbentuk. Namun demikian mengingat ketiga partai politik ini mempunyai kepengurusan mulai dari Pusat ,Propinsi hingga Kabupaten dimana ada struktur kepengurusan, maka semuanya akan dikembalikan pada diskusi Internal parpol masing - masing.

(Bana)