Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Roadshow LKBA, Bupati Serang Minta Camat dan Kades Jadi Motor Penggerak Masyarakat

Kamis, 27 Juni 2024 | 18.29.00 WIB Last Updated 2024-06-27T11:29:21Z

Serang, bbiterkini.com -- Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah meminta kepada para Camat dan Kepala Desa (Kades) untuk aktif dan menjadi motor penggerak dengan mengingatkan kembali masyarakat melakukan budaya gotong royong yang saat ini dinilai sudah mulai meredup.

Hal itu disampaikan Ratu Tatu usai membuka kegiatan Roadshow Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2024 di Alun-alun Kecamatan Kragilan, Rabu 26 Juni 2024.

Tatu mengatakan, tujuan utama pelaksanaan LKBA Kabupaten Serang yang sudah berjalan selama enam tahun terakhir adalah untuk meningkatkan kepedulian masyarakat Kabupaten Serang menjaga lingkungannya masing-masing.

“Tujuan utamanya adalah untuk masyarakat peduli pada lingkungannya, terus peduli terhadap keamanan lingkungannya. Jadi mereka harus menjaga kebersihannya sendiri, keamanannya sendiri yang dilakukan dengan bergotong royong,” katanya.

Oleh karena itu, kata Tatu, perlu adanya peran serta unsur pemerintah baik di tingkat Kecamatan maupun Desa, di mana keduanya harus menjadi motor penggerak sehingga masyarakat mau menjaga kondisi lingkungannya.

“Tentunya tidak mudah, tetapi ini harus dilakukan. Upaya kita bukan upaya yang mudah untuk mengubah kebiasaan masyarakat. Ini akan terus kita lakukan dan pasti ada hasilnya,” terangnya.

Menurut Tatu, segala sesuatu yang berkaitan dengan upaya untuk mengubah kebiasaan masyarakat tidak dapat dilakukan dengan instan. Butuh waktu agar nantinya kebiasaan dapat terbentuk, salah satunya melalui program LKBA.

“Oleh sebab itu diadakannya lomba-lomba, supaya mereka peduli terhadap kesehatannya, peduli terhadap kebersihan dan keamanan lingkungannya,” tegasnya.

Tatu berharap, melalui LKBA ini kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungannya bisa terus tumbuh, sehingga mampu menyelesaikan persoalan sampah di Kabupaten Serang.

“Semoga di Kabupaten Serang ini persoalan sampah yang sudah dinyatakan darurat sampah dengan kepedulian masyarakat terhadap sampah, ikut bergotong royong menyelesaikan persoalan sampah di tingkat RW, dan desa, sehingga bisa menyelesaikan persoalan tersebut,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang, Haryadi mengatakan, ada lima titik lokasi yang akan dijadikan tempat pelaksanaan roadshow LKBA 2024. Saat ini, kata dia, merupakan titik awal pelaksanaan roadshow. 
“Selanjutnya akan dilaksanakan juga di empat titik lainnya, yakni Kecamatan Pontang, Kecamatan Tunjung Teja, Kecamatan Cinangka dan Kecamatan Waringinkurung,” ujarnya.

Haryadi mengatakan, kegiatan roadshow LKBA dimaksudkan untuk menghidupkan kembali budaya gotong royong yang saat ini dinilai sudah mulai redup.

“Sekarang gotong royong di masyarakat ini sudah mulai berkurang, agak pudar. Ini mulai kita hidupkan kembali melalui lomba kampung bersih dan aman,” tuturnya.

Turut hadir pada roadshow tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Nanang Supriatna, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan TNI dan Polri, Ketua TP PKK Kabupaten Serang Habibah dan ribuan warga dari lima Kecamatan. 

(*/red)