Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Antusias Masyarakat di Roadshow LKBA 2024, Cerminan Semangat Menjaga Kebersihan

Kamis, 04 Juli 2024 | 19.15.00 WIB Last Updated 2024-07-04T12:17:21Z

Serang, bbiterkini.com -- Ribuan masyarakat dari berbagai kalangan antusias menghadiri Roadshow Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Tahun 2024, di Lapangan Kecamatan Pontang, Rabu, 03 Juli 2024.

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah menilai, antusiasnya masyarakat sebagai cerminan semangat menjaga kebersihan.

“Antusias masyarakat luar biasa mencerminkan semangatnya untuk menjaga kebersihan lingkungannya, keindahan lingkungannya dan keamanan lingkungannya masing-masing di Daerah Pemilihan (Dapil) satu, Kecamatan Pontang, Tanara, Tirtayasa, Lebakwangi, Binuang dan Carenang,” kata Tatu kepada wartawan usai roadshow. 

Tatu mengatakan, Roadshow LKBA Tahun 2024 merupakan ke-6 kali yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang bekerja sama dengan perusahan media, TNI dan Polri untuk tetap konsisten mengajak masyarakat menjaga kebersihan, keamanan dan kenyamanan.

“Kami berharap, jajaran panitia terus semangat mengajak masyarakat melalui kegiatan (LKBA) ini,” ajaknya.

Dilaksanakannya LKBA selama enam tahun terakhir, kata Tatu, tidak mudah mengubah perilaku masyarakat untuk mau menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS. Oleh karenanya, pihaknya terus mengadakan LKBA secara tidak langsung memaksa masyarakat untuk mengubah perilaku hidup bersih.

“Saya berharap dengan terus dipaksa membiasakan diri hidup sehat bersih lingkungannya ini bisa menjadi kebiasaan mereka. Jadi diulang-ulang terus supaya mereka menjadi hebit, sudah menjadi budaya mereka hidup bersih dan sehat dan aman itu,” katanya.

Oleh karenanya, sambung Tatu, menjaga kesehatan masyarakat tentunya diawali dengan kebersihan lingkungannya dengan menjaga lingkungan yang bersih.

“Mereka juga harus menjaga lingkungan yang aman dari kejahatan, aman dari narkoba. Tentunya kalau semua yang menjaga masyarakat itu sendiri ini akan lebih mudah tercipta masyarakat hati yang bersih, sehat dan aman,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang, Haryadi mengatakan, dengan terus dilaksanakannya LKBA untuk meningkatkan partisipasi masyarakat menjaga kebersihan dan keamanan sebagai cerminan umat muslim.

“Kebersihan sebagian dari iman, lingkungan kita ini harus bersih. Roadshow LKBA ini sebagai saran sosialisasi memberikan pemahaman kepada masyarakat betapa pentingnya kebersihan, keamanan dan kenyamanan lingkungan,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Serang, unsur muspika di enam kecamatan dan ribuan masyarakat. Roadshow LKBA 2024 diawali dengan senam bersama, pembagian door prize, dan penyerahan berbagai bantuan kepada masyarakat.

Tampak juga mobil pelayanan terparkir meliputi pelayan administrasi kependudukan (Adminduk) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), pelayanan Keluarga Berencana (KB) Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A), pelayanan pembayaran pajak keliling dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), dan Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD). 

(*/red)