Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sukseskan Pilkada Serentak 2024, Pemprov Banten Bersinergi dengan Insan Pers

Sabtu, 27 Juli 2024 | 08.01.00 WIB Last Updated 2024-07-27T01:03:17Z

SERANG, bbiterkini.com – Dalam upaya memastikan kelancaran pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024, Pemerintah Provinsi (Pemrprov) Banten melalui Biro Pimpinan Administrasi menggelar silaturahmi dengan insan pers, Kamis, 25 Juli 2024.

Kegiatan diskusi yang digelar di Aula Kesbangpol Provinsi Banten tersebut atas kerja sama Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi (PJID) dan Biro Pimpinan Administrasi Pemprov Banten, dengan mengusung tema “Kesiapan Pemprov Banten dalam Pelaksanaan Pemilukada 2024”.

Hadir sebagai narasumber H. Beni Ismail, S.STP, M.Si (Kepala Biro Administrasi Pimpinan Daerah Setda Provinsi Banten), H. Holil Badawi, S.Ag, M.M (Kepala Bidang Fasilitas Pembinaan Politik Kesbang Pol Pemprov Banten), Kusma (Kasubag Komunikasi dan Publikasi Biro Pimpinan Administrasi Setda Provinsi Banten), dan Drs Hairuzaman (Ketua PJID Banten). Adapun peserta insan pers yang hadir lebih dari 45 orang dari delapan Kabupaten dan Kota di Provinsi Banten.

Dalam kesempatan itu, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Banten, Beni Ismail menyampaikan, Pemprov Banten menunjukkan komitmen dalam menjalankan proses demokrasi dengan sukses melalui pelaksanaan Pilkada Serentak. Dalam upaya memastikan transparansi dan akuntabilitas, Pemerintah telah menjalin kerja sama yang erat dengan insan pers.

“Sinergi antara Pemerintah dan media merupakan kunci dalam menyajikan informasi yang akurat dan objektif kepada masyarakat,” ujarnya.

Melalui berbagai kegiatan koordinasi dan dialog, kata dia, Pemerintah secara aktif mendukung peran Wartawan dalam meliput setiap tahapan Pilkada Serentak secara menyeluruh.

“Hal ini bertujuan untuk memastikan proses demokrasi berlangsung dalam suasana yang kondusif dan transparan. Keterlibatan aktif media massa/online juga membantu dalam membangun kesadaran politik serta memperkuat partisipasi masyarakat dalam proses pemilihan,” pungkas Beni Ismail.

Sementara itu, Kepala Bidang Fasilitas Pembinaan Politik Kesbang Pol Pemprov Banten, H. Holil Badawi menekankan pentingnya peran media dalam mendukung integritas dan keberhasilan Pilkada Serentak.

“Kami sangat menghargai peran media sebagai mitra strategis dalam menyebarkan informasi yang akurat dan dapat dipercaya kepada publik,” ujarnya.

Menurutnya, dengan sinergi yang kuat antara Pemerintah dan Insan Pers, diharapkan Pilkada Serentak dapat berlangsung dengan lancar dan masyarakat memperoleh informasi yang jelas dan akurat tentang calon serta program kerja mereka.

“Pemerintah berkomitmen untuk terus menjaga keterbukaan dan transparansi dalam proses demokrasi, serta memastikan bahwa suara rakyat terwujud dalam pemilihan Kepala Daerah yang bermartabat dan adil di Banten,” tuturnya.

Kasubag Komunikasi dan Publikasi Biro Pimpinan Administrasi Setda Provinsi Banten, Kusma menambahkan, partisipasi pemilih pada Pilkada Serentak berkat Sinergi Pemerintah dan Insan Pers

“Pilkada Serentak tahun ini harus menyajikan peningkatan signifikan dalam partisipasi pemilih, yang dipandang sebagai hasil dari kolaborasi erat antara Pemerintah dan media massa dalam menyebarkan informasi yang akurat dan membangun kesadaran politik di kalangan masyarakat,” kata Kusma.

Menurutnya, Pemerintah bersama dengan insan pers, telah memainkan peran penting dalam mendukung proses demokrasi yang transparan dan inklusif.

“Melalui liputan yang mendalam dan berimbang tentang setiap tahapan Pilkada, media massa membantu memperkuat partisipasi aktif masyarakat dengan menyediakan informasi yang mudah diakses tentang calon-calon dan program kerja mereka,” pungkasnya.

Menanggapi soal peningkatan partisipasi pemilih, Ketua DPD PJID Banten, Hairuzaman menyatakan apresiasinya terhadap kerja sama yang erat antara Pemerintah dan media massa.

“Kerja sama yang kuat ini telah membantu menjangkau lebih banyak pemilih dan meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya memilih pemimpin daerah yang sesuai dengan aspirasi masyarakat,” ujarnya.

Di samping itu, kata dia, upaya edukasi pemilih yang intensif dan program-program sosialisasi juga berperan besar dalam meningkatkan tingkat partisipasi.  

“Dengan demikian, peningkatan signifikan dalam partisipasi pemilih pada Pilkada Serentak tahun ini mencerminkan komitmen bersama untuk membangun demokrasi yang kuat dan berkelanjutan di Provinsi Banten,” tutupnya. 

(*/red)