Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Warga di Desa Nanggung Kecamatan Kopo Keluhkan Bau Kotoran dari Peternakan Bebek

Senin, 22 Juli 2024 | 10.55.00 WIB Last Updated 2024-07-22T03:55:16Z

Serang, bbiterkini.com - Warga di desa nanggung kecamatan kopo, Kabupaten Serang, keluhkan bau kotoran dari peternakan bebek. Senin (22/7/2024). 

Bau menyengat ini lama dialami warga sejak satu tahun setengah, menyebar ke permukiman dan juga pondok pesantren yang ada disekitar peternakan. 

Menurut warga Dawil (46) kandang bebek jenis peking ini jaraknya dekat dengan permukiman, hingga menyebabkan bau yang sangat menyengat. 

" Ya pak, disini ada 4 peternakan bebek, kotorannya bau pak, tahun lalu pernah warga mengeluh bau sama banyak lalat, tapi sekarang baunya masih, kalau lalat sih mendingan pak sudah berangsur-angsur kurang, tapi kalau bau masih pak, apalagi kalau pagi dan malam Pak, baunya menyengat sekali pak, " Keluhnya. 

Bahkan tak sedikit warga mengalami sesak nafas hingga hingga harus memeriksakan kesehatannya ke klinik terdekat. 

Sementara itu, penjabat (PJ) kepala desa nanggung Asep Durmawil Aji engakui peternakan bebek yang dipermasalahkan warga nya ini tak memiliki izin dari desa setempat. 

" Peternakan bebek di kampung pabuaran desa nanggung belum ada izin dari pemerintah Desa, saya menyayangkan bila ada peternakan bebek mengganggu warga," ujar Asep. 

"Keluhan warga adalah bau yang menyengat dari kotoran Bebek, kami meminta kepada pemilik peternakan untuk mengikuti aturan dari dinas Peternakan, agar nantinya tidak merugikan warga sekitar peternakan, " Tutupnya. 

Tercatat ada 4 kandang Peternakan bebek aktif di desa tersebut, hngga saat ini belum ada upaya dari pemilik peternakan bebek untuk menghilangkan bau dari kotoran dari kandang bebek meski tahun lalu pernah di keluhkan warga. 

Warga berharap ada solusi yang baik, agar permasalahan ini tidak kembali muncul, dan pihak dinas Peternakan kabupaten Serang, agar dapat meninjau ke lokasi yang berada di Kampung Pabuaran, Desa Nangung, kecamatan Kopo, Kabupaten Serang.

(*/red)