Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Golkar Usung Kandidat Doktor dari Australia, Faruq Ibnul Haqi Menuju Pilwalkot Tegal

Senin, 12 Agustus 2024 | 20.07.00 WIB Last Updated 2024-08-12T13:09:56Z

TEGAL, bbiterkini.com – Partai Golongan Karya (Golkar) resmi mengeluarkan Surat Keputusan (SK) rekomendasi kepada Faruq Ibnul Haqi dan Muhammad Ashim Adz Dzorif Fikri sebagai Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal dalam Pilkada Serentak 2024.

SK tersebut diumumkan oleh Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar wilayah Jawa Tengah dan DIY, yang diwakili oleh Iqbal Wibisono, akhir pekan lalu.

Dalam konferensi persnya, Iqbal Wibisono menyatakan bahwa ada sembilan rekomendasi yang diberikan kepada Calon Kepala Daerah di Jawa Tengah untuk Pilkada 2024, salah satunya untuk Kota Tegal.

Rekomendasi tersebut jatuh kepada pasangan Faruq Ibnul Haqi dan Muhammad Ashim Adz Dzorif Fikri, yang dinilai memiliki potensi besar untuk memimpin Kota Tegal menuju perubahan yang lebih baik.

Seperti diketahui, beberapa survei menempatkan elektabilitas Faruq Ibnul Haqi di posisi teratas untuk memimpin Kota Tegal. Dua di antaranya adalah Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan Pandawa Research yang melaksanakan survei pada Juni 2024.

Faruq Ibnul Haqi, dalam pernyataannya pada Minggu, 11 Agustus 2024, mengungkapkan rasa syukur dan kesiapannya untuk menghadapi tantangan di Pilwalkot Tegal.

“Alhamdulillahirabbil’alamin, surat keputusan rekomendasi sudah kami terima dari DPP Partai Golkar. Mohon doanya semoga kami dikuatkan dalam Pilwalkot Tegal dan dimampukan membawa Kota Tegal yang lebih maju dan cemerlang,” ujar Faruq dengan penuh optimisme.

Lebih lanjut, Faruq juga menyatakan kesiapannya untuk menjalin komunikasi dan berkoalisi dengan Partai Politik (Parpol) lain guna memperkuat basis dukungan pada Pemilihan Kepala Daerah.

“Kami membuka komunikasi dengan Parpol lain, untuk membicarakan dukungan dan koalisi,” ungkapnya.

Sebelumnya, dukungan terhadap Faruq Ibnul Haqi terus mengalir, terutama menjelang masa pendaftaran pasangan calon di KPU. Selain dari partai-partai politik, baik yang berada di parlemen maupun non-parlemen, dukungan juga datang dari berbagai elemen masyarakat.

Pekan lalu, puluhan ulama dan kiai kampung se-Kelurahan di Kota Bahari menyatakan dukungannya terhadap pencalonan Faruq. Mereka berharap agar dukungan tersebut dapat diperkuat dengan bergabungnya parpol lain, seperti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Profil Faruq Ibnul Haqi

Kemunculan nama Faruq Ibnul Haqi terbilang mengejutkan. Pemuda asli Tegal ini berlatar belakang arsitek. Ia menamatkan gelar sarjananya dari jurusan Arsitektur, Universitas Islam Indonesia (UII) pada tahun 2008.

Menariknya, beberapa tahun terakhir, Faruq lebih banyak berada di Australia untuk studi lanjut. Faruq merupakan kandidat doktor perencanaan kota dan wilayah di University of South Australia. Gelar master bidang yang sama juga ia peroleh di kampus tersebut.

Selama menimba ilmu di negeri kanguru itulah, kemampuan berorganisasi Faruq makin terasah. Ia sempat terpilih menjadi Koordinator Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia.

Pilihan Golkar pada Faruq dinilai sebagai terobosan baru dengan mengusung sosok putra asli Tegal yang masih muda tapi punya rekam jejak dan kapasitas internasional. 

(*/red)