Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Hendry Bangun Tumbang, Zulmansyah Ketum PWI Pusat (2024-2028) Hasil KLB Jakarta

Senin, 19 Agustus 2024 | 10.31.00 WIB Last Updated 2024-08-19T03:33:17Z

Jakarta, bbiterkini.com — Akhirnya Hendry Ch. Bangun tumbang dari kursi Ketum PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Pusat, periode 2023-2028 hasil kongres Bandung, Jawa Barat. Kongres Luar Biasa (KLB) PWI yang dihadiri 22 PWI Propinsi memilih secara aklamasi Zulmansyah Sekedang sebagai Ketua Umum PWI Pusat, periode 2024-2028 di Jakarta.

Pelaksanaan KLB PWI yang dilaksanakan 18-19 Agustus 2024 di Hotel Grand Paragon Jakarta Barat itu, memilih Zulmansyah Sekedang, Ketua PWI Riau secara aklamasi menggantikan Hendry Ch.Bangun setelah dua kandidat lain Ahmad Munir dan Rajab Ritonga mengundurkan diri.

KLB PWI tersebut dilaksanakan merupakan respon terhadap desakan anggota PWI di seluruh Indonesia yang menginginkan pergantian Ketua Umum dengan alasan Hendry Ch. Bangun telah melakukan pelanggaran yang mencoreng nama baik organisasi wartawan tertua di Indonesia itu.

Sebagaimana diketahui publik, Hendry Ch. Bangun diduga melakukan penggelapan dana atau penggunaan dana Sponsorship UKW (Uji Kompetensi Wartawan) PWI BUMN secara tidak tepat senilai Rp. 1,7 milyar (Sebelumnya menurut DK PWI Pusat Rp.2,9 Milyar) dari Rp.6 milyar. Kasus ini sudah dilaporkan wartawan PWI Edison Siahaan dan HM. Jusuf Rizal, Presiden LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) ke Bareskrim Mabes Polri.

Kasus yang dikenal PWI Gate itu kemudian didorong terus oleh Indonesian Journalist Watch (IJW), PWMOI (Perkumpulan Wartawan Seluruh Indonesia) dan Perkumpulan Perusahaan MOI (Media Online Indonesia). Dalam konteks tersebut media mainstream hampir tidak ada yang berani memuat berita kasus tersebut.

Menyusul kejadian tersebut Dewan Kehormatan (DK) PWI Pusat yang diketuai Sasongko Tedjo mengeluarkan surat pemberhentian terhadap Hendry Ch. Bangun setelah PWI Provinsi DKI mencabut keanggotaannya dari PWI. Kemudian menetapkan Zulmansyah Sekedang sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PWI Pusat untuk pelaksanaan KLB PWI yang kemudian memilihnya sebagai Ketua Umum PWI Pusat definitif.

Secara terpisah Ketua Umum Indonesian Journalist Watch (IJW), HM. Jusuf Rizal, SH kepada media mengucapkan selamat atas terselenggaranya KLB PWI dengan sukses serta telah memilih Ketua Umum baru, Zulmansyah. Diharapkan Zulmansyah dapat memilih pengurus yang baik, punya integritas, loyalitas dan kapabilitas.

“IJW sebagai organisasi yang hadir atas Pasal 17 UU Pers Nomor 40 Tahun 1999 berharap kepengurusan PWI Pusat yang baru lebih transparan dan akuntable. Karena IJW akan menjadi mata dan telinga untuk kemajuan industri pers di Indonesia,” tegas Jusuf Rizal, pria berdarah Madura-Batak Ketum PWMOI (Perkumpulan Wartawan Media Online Indonesia) itu.

(*/red)