Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Bupati Serang Lantik Rudy Suhartanto Jabat Pj Sekda dan Haryadi Asda 1

Rabu, 04 September 2024 | 17.25.00 WIB Last Updated 2024-09-04T10:26:51Z


Serang, bbiterkini.com -- Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah melantik Rudy Suhartanto sebagai Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) dan Haryadi Asisten Daerah (Asda) 1 Bidang Aministrasi Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Serang di pendopo bupati pada Rabu, 4 September 2024. Selain 2 pejabat eselon II, juga dilantik sebanyak 17 pejabat fungsional atau jafung diantaranya pengawas penyelenggara urusan pemerintah daerah (PPUPD), pengelola barang dan jasa (PBJ), dan medis veteriner.

Sekadar diketahui, sebelumnya Sekda Kabupaten Serang dijabat oleh Nanang Supriatna yang mengundurkan diri lantaran akan maju pada Pilkada Kabupaten Serang Tahun 2024. Rudy Suhartanto saat ini menjabat sebagai Inspektur, sedangkan haryadi sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, pelantikan penjabat sekda merupakan amanah dari Peraturan Presiden Nomor 3 tahun 2018 tentang Pj sekda, di mana sebelum terpilihnya sekda definitif kepala daerah harus mengangkat penjabat sekda.

Secara nomenklatur, kata Tatu, Penjabat Sekda namun fungsi dan perannya hampir sama dengan pejabat definitif, agar dapat membantu menyelesaikan berbagai program yang saat ini sedang dilakukan. Karena kalau jabatan plh (pelaksana harian) ada keterbatasan dalam kewenangannya.

“Namun nasih banyak program yang harus diselesaikan menjelang akhir tahun 2024, diantaranya peningkatan target PAD, finalisasi anggaran perubahan 2024, penyusunan anggaran 2025 dan RPJMD 2024-2029,”ujarnya kepada wartawan.

Sedangkan untuk Asda 1, sebut Tatu, Haryadi merupakan pejabat senior yang sebelumnya menjabat Kepala DPMD. “Asda 1 ada kekosongan jadi Pak Haryadi di geser, supaya nanti juniornya ikut open bidding Kepala DPMD,”ucapnya.

Kedepannya, jelas Tatu, selain DPMD ada beberapa jabatan Kepala OPD yang kosong untuk dilakukan open bidding. Diantarannya DPMD, Dinas Perikanan, BPBD, RSDP dr Drajat Prawiranegara dan jabatan Sekda. Untuk Open Bidding akan diajukan oleh BKPSDM ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) jika di izinkan maka dilakukan open bidding.

“BKPSDM nanti mengajukan dahulu ke gubernur surat permohonannya terus ke kemendagri. Jadi jabatan harus terisi semua, supaya nanti kepala daerah baru semua posisi udah full tim supaya langsung kerja,”paparnya.

Hadir dalam pelantikan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum, Kepala BPSDM Kabupaten Serang Surtaman dan sejumlah pejabat eselon II dan III Kabupaten Serang.

Kepala BKPSDM Kabupaten Serang Surtaman mengatakan, dengan dilantiknya Haryadi sebagai Asda 1 maka jabatan Kepala DPMD mengalami kekosongan yang akan di isi oleh pelaksana tugas (plt). Namun, BKPSDM mengusulkan jika jabatan Plt Kepala DPMD agar di jabat oleh Haryadi sampai menunggu proses open bidding. “BKPSDM mengusulkan ke Ibu Bupati Plt Pak Haryadi sampai menunggu opne bidding,”ujarnya.

Surtaman menargetkan untuk proses open bidding jabatan sekda dan kepala OPD bisa selesai pada tahun ini, di mana terlebih dahulu mengajukan surat permohonan kepada Kemendagri. Maka, jika mendapatkan izin langsung dilakukan proses open bidding. “Ada sekitar 10 orang pejabat yang memenuhi syarat kriteria calon sekda,”katanya.

(*/red)